Jenis-jenis Ikan Cupang

Posted: Juli 9, 2008 in Uncategorized

Wednesday, July 2, 2008
First Export of Wild Betta to Japan
On the June 22, 2008 jotyabetta exported 500 wild betta channoides to Japan. This is the first export of wild betta in big quantity as well as the first export to Japan market. We hope it will open the Japan market for our bettas in the future to come. The shipment run quite OK with very little DOA. All starting from our posting in Aquabid of 8 unsexed betta channoides wild caught and the winner buy more than 8 fishes won. A lot inquiries come from other countries too, such as Germany, Korea, Malaysia, Norway, USA, Australia and others.

Hopefully it will be a good start for re-entering the exporting market after almost 2 years.

Monday, June 9, 2008
Betta mahachai, cupang alam yang berasal dari kota
Mahachai, nama sebuah kota kecil 28 km sebelah barat Bangkok, Thailand. Namun kota ini tidak kita temui dalam peta Thailand modern karena oleh Raja Rama IV telah diubah menjadi Samut Sakhon. Di kota kecil inilah ditemukan pada tahun 2001 cupang jenis mahachai mengabadikan nama kota tersebut.

Betta mahachai merupakan cupang yang berpijah dengan membuat sarang busa (bubblenester) berwarna hijau metalik alami dengan bentuk tubuh lebih panjang dari betta splendens dan berpenampilan fisik seperti betta smaragdina namun mirip betta imbelis dalam perilakunya. Betta mahachai disebut-sebut sebagai cikal bakal warna metalik pada betta splendens sekarang, sebagai hasil silangan kedua jenis betta ini. Dan bagi penggemar cupang aduan mahachai memiliki ketahanan dan kelengkapan pukulan yang luar biasa.

Adalah Nonn Panitvong, Akkapol Wisitchainont dan Arthit Prasartkhul yang menemukan Betta mahachai pada bulan Oktober 2001. Lokasinya dirawa-rawa yang banyak ditumbuhi oleh pohon nipah (Nypa fruticans) sekitar kota Samut Sakhon. Keberadaannya sangat mengkhawatirkan karena habitatnya berada disekitar rawa-rawa yang kotor penuh dengan limbah daerah industri. Betta mahachai dapat bertahan dalam jumlah yang sedikit dan perlu dilestarikan dari kepunahan karena perkembangan kota dan industri yang mendesak keberadaannya. Sejak mahachai ditemukan permintaannya meningkat dari dalam dan luar negeri sehingga banyak orang yang datang ke tempat lokasi pertama ditemukan untuk mendapatkannya. Hampir setahun kemudian lokasinya telah berubah dan mahachai sulit ditemukan pada habitat aslinya. Perkembangan industri dan perumahan telah mempersempit habitatnya.

Menurut penduduk lokal disana mereka telah memelihara mahachai sejak seratus tahun yang lalu sebagai cupang adu. Mereka memelihara mahachai dengan cara melepaskan indukan di alam dan lokasinya dirahasiakan agar tidak diketahui oleh pesaingnya. Agar mahachai memiliki kualitas adu yang lebih baik mereka melepas induk cupang adu terbaiknya, baik itu splendens, smaragdina maupun imbelis ke habitat mahachai agar dapat dihasilkan cupang adu silangan yang lebih berkualitas. Setelah ratusan tahun perilaku demikian, dihasilkan mahachai yang dikenal sekarang ini.

Betta mahachai adalah species betta splendens complex yang hingga saat ini belum diklasifikasi secara resmi karena masih dipelajari apakah memang suatu species yang unik atau merupakan sub-species atau hibrid dari betta splendens yang ada di alam karena keberadaannya dekat dengan kota dan ada orang yang melepas cupangnya dialam dan berkembang biak dengan spesies lain yang sudah ada dan membentuk hibrid jenis baru. Namun keunikan warna metalik ditubuh dan siripnya telah mampu membuat “revolusi” warna pada cupang hias yang kita jumpai sekarang. Asal mula warna copper yang menjadi dasar warna-warna metalik diperkirakan adalah hasil silangan dengan betta mahachai. Maka munculah saat ini cupang-cupang hias, warna platinum, emas, biru mask, hijau mask hingga warna kombinasi yang dinamakan “dragon” yang berasal dari warna metalik ini.
Ciri-ciri fisik

Mahachai jantan memiliki warna metalik yang lebih cerah daripada betinanya, dibandingkan betta splendens dan smaragdina tubuh mahachai lebih panjang dan lebih besar. Diperkirakan mahachai merupakan spesies yang terpanjang dan terbesar pada betta splendens complex. Tubuhnya sedikit berbeda dengan betta splendens karena membungkuk menyerupai dolphin yang akan semakin kentara saat dewasa. Bentuk ekor lebih menyerupai sekop dan pada umumnya memiliki mata merah. Mahachai sangat mudah stress dan melompat dari aquarium terlebih apabila hidup sendirian. Dalam pemeliharaan mahachai sebaiknya bersama-sama dalam satu aquarium dengan diberikan daun ketapang yang kental dan tanaman air atau tempat untuk persembunyian agar mahachai lebih tenang. Mahachai tidak terlalu agresif dan mudah berkelahi seperti imbelis atau betta splendens apabila ditempatkan bersama-sama.

Pemijahan

Selayaknya spesies betta splendens lainnya betta mahachai berpijah dan berkembang biak dengan membuat sarang busa. Ketinggian air saat pemijahan pun sama. Berbeda dengan splendens sarang busanya relatif kecil. Induk betina dapat ditinggalkan didalam tempat pemijahan karena induk jantan tidak akan mengusir betinanya ataupun memakan anaknya. Pemijahannya relatif lebih mudah dilakukan.

Dalam kontes yang diadakan di Taman Mini Betta Show 2008 yang diadakan di Taman Aquarium Air Tawar tanggal 19-20 April 2008 untuk pertamakalinya di Indonesia mahachai dikonteskan dalam kategori wild betta small bublenesters dan mendapatkan juara pertama. Besar dan keindahannya membuat mahachai banyak disukai oleh hobbies cupang alam.

Email : afiq_mbo@yahoo.com
Credit photo: Muty Pinuasty M.
(Dimuat dimajalah Dfishes edisi 12, Mei – Juni 2008)
Thursday, June 5, 2008
Catching Up
It has been over a year I did not write here. Many things happened between now and then. Let me wrap it up….

May 24-27, 2007: I was invited as Judge at Betta Show AQUARAMA 2007 along with Jesda Attavichit from Thailand, Jodie Lea Mattheson from Australia, Vincent Mah and Wong Wei Yong from Singapore.

August 24-26, 2007: I was a show chair at The Jakarta International Betta Show 2007 (The JIBS) at FLONA Lapangan Banteng, Jakarta Indonesia . At the JIBS word record for the highest number of participant at betta show was set at 1063 fishes. It was awarded by MURI (Museum Rekor Indonesia). Many participants from 6 countries participated in this show. Thank you for all betta lovers for helping me achieving this incredible result.

February 1, 2008: My first book on betta was published by Agromedia, Jakarta. Its title is “Panduan Lengkap Budidaya dan Perawatan Cupang Hias” with co-writter Maloedyn Sitanggang. Thanks Agromedia for reliazing my dream.

April 20, 2008: Officially launch my book at Sarasehan Budidaya dan Perawatan Cupang Hias in conjuntion with Taman Mini Indonesia Indah Betta Show April 12-20, 2008, TMII, Jakarta.

May 2008: I became an advisor and contributor at Dfishes magazine for betta and guppy fish. My first article was Betta mahachai, cupang alam dari kota published in Dfishes #12, May-June 2008.

Saturday, March 31, 2007
Judging Betta Show at Trubus EXPO, Cibubur, Jakarta, 24-25 March 2007
It’s always very exciting moment when judging a betta show. There are 241 fishes participated in the show, mostly from Jakarta greater area. Explaining the faults to the owner of unwinning fishes sometime was not easy. Unhappy owner always asks many questions why his fish does not win.

The show was running well. Thank you for the show chair, Mr. Rahman and InBS chairman, Mr. Tony Hidayat for inviting me as the head judge.

About these ads
Komentar
  1. AlfIn mengatakan:

    CakEp CakEp ikan Nya Mo Dong KlodiKAsih Stu yg Serit / HAlf MOOn

  2. ibud mengatakan:

    Para cupanger and hobiis, tolong dong jawab yaa..?
    Ada yang tau/punya atlas cupang gak? mo dong.
    mo nambah warna dan nama/jenis cupang nih..?
    saya punya cupang mo dipasarin tapi gak tau jenis nama warnanya?

    regard,
    salam cupang.

  3. yosi mengatakan:

    wah keliatannya yang atas tugh bukan cupang dech…
    soalnay itu dah beda dari ikan cupang bos
    itu ikan guppy klo menurut saya….
    getu bos…

  4. rolly mezar mengatakan:

    gunanya daun ketapang apaan si??

  5. andre mengatakan:

    saya ingin menanyakan.bagai mana awal nya untuk ikut sertakan ikan dalam kontes?tlng dijawab

  6. MELINDA mengatakan:

    mau nanya nih, berapa sih harga cupang halfmoon yang keren itu?

  7. Iwan mengatakan:

    hmm zaman cupang mulai kembali
    akhir saat untuk musim ikan cupang
    bagaimana ya kalau ikan cupang nya di kasih daun ketapang N ap fungsi na
    serta klo d kawin kan ap hasil anakan nya bsa albino atau mlah menjadi hasil yg laen bsa d jlaskan ???

  8. alang mengatakan:

    Saya menjual ikan cupang hias kualitas maupun partai. Jika Anda berminat bisa menghubungi saya di 021 98972184. Salam Cupang !!!

  9. Kawai mengatakan:

    wah bos , ente salah kasih pic.. yg 3 gambar teratas itu guppy bos..
    heheheh

  10. rizky mengatakan:

    alllow cmua
    mas mo tanyya klo ikan uda d aduin ada cara khusus g buat merawatnya thx

  11. aiman mengatakan:

    bagai mana nak tahu nama ikan cupang yang baru menetas?

  12. Dic mengatakan:

    Tlong dong info nya.bwt yang tau toko ikan cupang di daerah bekasi/cikarang

  13. azri mengatakan:

    itu yg paling atas ikan cupang or guppy??? ada yg punya ikan betina singapur?? kl ada kirim alamatna k email saya azri_al_muharram@yahoo.com

  14. Ryan nagh borneo mengatakan:

    Yang jual ikan cupang hias jenis plakat luar pulau!Bisa pesan antar pulau gak?harga n biayanya berapa?kalo bisa, pesan jenis plakat 6 ekor sepasang2!yang bisa balas ke alamat email
    triramadhani@rocketmail.com
    thx!

  15. ardi tanomi mengatakan:

    weyy para maniak cupang hias…gw pgen tanya ni…

    btw gimna sihh cara buat biar cupang hias kita agresif n bermental baja??

    please balas…
    ardi….

  16. taufiq mengatakan:

    biar cupang yg kita pnya itu agrsif atau brmntal baja, bsa jdi krna sring dlatih, makanan jga….
    klo bsa antara cpang 1 dan cpang 2 jgn disatukan dlm stu tmpat, klo bsa tmpatnya d skat ampe tdak kliatan antara kduanya, dan sring2 lah untk d latih gtu…mgkin tu yg sya tau nnti sya cri lagi ktrngan nya yach….Thank’sssss

  17. benz mengatakan:

    bro,sebenarnya kuat puasa berapa hari tu cupang////?/////??????????#@
    punys aq dah 5 hari puasa kuat juga!pada tau ngk prends!!!!

  18. toni mengatakan:

    saya penggemar baru cupang, pesan bibitan ada pa gak yaaa ? trims sebelumnya

  19. Yopie Harna mengatakan:

    masak ikan guppy di kategorikan ikan cupang

  20. Hams mengatakan:

    Emang ikan guppy masih satu kerabat dgn ikan cuoang y?? Klo gt bisa di kawin silang doong????

  21. Hams mengatakan:

    Upz…ralat..maksudnya cupang…salah ketik

  22. Syaif mengatakan:

    Walah, kok gak dikasih nama dibawahnya?

  23. FArhan nUuryAna mengatakan:

    waw ikannya bgus amat……
    klo bleh saya tau merawatnya bgaimanaya???

  24. felix mengatakan:

    ikan cupang serit bdnx wrnax biru tpi bisa brubah menjadi hjau. sirip nya merah.
    jenis cupang tsb apa ya? mhon djwb….

    • pakdesumaji mengatakan:

      cupang bunglon bos…
      dah langka bgt yg kaya gt tuh…

      klo g salah sirip atasx serit trus bagian ekorx panjang….
      umumx warna aslix ijo n bs manjat pohon….

  25. Wahyou mengatakan:

    om mw tnya donk, untuk kontes ikan cupang thn 2010 bulan agustus sampai seterus’a dmn aj ya? tolong pencerahan’a……….

  26. rifki aditya mengatakan:

    kalau anak ikan cupang masih kecil kan makananx kuning telur!
    kalau air nya kotor cara ganti nya bagai mana

  27. HANAFI mengatakan:

    MAS SAYA MW CARI IKAN YANG HARGANYA MURAH DAN BERKUALITAS DAN YANG MENANGAN TERUS ADA TIDAK?

  28. aziz mengatakan:

    saya ingin ternak ikan cupang hias,, saya mau dong tips_tipsnya??

  29. yono mengatakan:

    mau ngajak ngadu anak2 yg udah lama main cupang ni…
    mau ngerilis skaligus ngtest…..
    udah 12 taun main cupang,

  30. nath mengatakan:

    sy jual ikan cupang berkualitas.hrg dr 75rb-300rb..silahkan hubungi 085780915999

  31. koencoeng mengatakan:

    tempat gw ikan cupang cuman gue jual 5000 per ekor .. untuk yang halmoon .. kalo yang cooper paling mahal gue jual 50. 000 .. abis dirumah gw uda kebanyakan ..

  32. furqon bagas mengatakan:

    mas kasih ya informasinya tentang cupang

    ditambah koleksi cupang hias dan adu ok

    …………………makasih

  33. umar mengatakan:

    bagai mana cara ternak ikan cupang dan bagai mana cara memili ikan yg bagus

  34. ddghj mengatakan:

    tolong bikin poster yg bagus bagus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s