SEHARIAN DI DOMPU

Siang itu kawanan lumba-lumba berenang lincah tak jauh dari sampan yang kutumpangi. Ada perasaan takjub menyaksikan mamalia laut itu berenang di habitatnya. Ini bukan akuarium raksasa di tempat hiburan. Hamparan air laut yang tenang, membuat suasana kian damai. Bak meliukkan tarian selamat datang, puluhan lumba-lumba berloncatan memercik mukaku yang panas diterpa matahari.

Pemandangan nyaris tiada duanya itu aku nikmati saat menyusuri Pantai Lakey di Kabupaten Dompu, Sumbawa Tengah, Nusatenggara Barat, baru-baru ini. Panorama langka ini adalah lukisan alam yang sudah menjadi barang biasa bagi penduduk setempat. Menurut kapten kapal yang kutumpangi, saban hari, puluhan ikan lumba-lumba itu terlihat berenang dari arah Samudera Hindia menuju utara. Hewan laut ini biasa berada sekitar 15 kilometer dari bibir pantai.

Tak hanya lumba-lumba yang ada di perairan Lakey. Kita juga bisa mengail berbagai jenis ikan di laut. Mulai dari ikan barakuda, tongkol, hingga ikan kakak tua, ada di sana. Untuk menikmati keindahan biota laut ini, cukup mengeluarkan uang Rp 100 ribu untuk ongkos sewa sampan. Selanjutnya terserah, mau menjelajah laut seharian juga boleh.

Agar puas menikmati keindahan laut ini, sebaiknya perjalanan dimulai dini hari. Sebab, mulai pukul 10.00 WIB, angin selatan sudah mulai bergerak membentuk gulungan ombak yang besar. Jangan lupa membawa handuk agar kepala terhindar dari teriknya mentari. Sekaligus menahan cipratan air asin.

Sebelum menikmati tarian lumba-lumba, aku juga sempat melihat aksi para peselancar lokal menunggang ombak Pantai Lakey. Aksi mereka tak jauh berbeda dengan atlet surfing internasional. Maklumlah, Pantai Lakey diakui dunia sebagai salah satu surga bagi pecinta selancar air. Di pantai ini juga telah diselenggarakan kejuaraan internasional selancar air, tepatnya pada 1996 dan 1997.

Penduduk setempat telah mengenal olah raga ini sejak tahun 80-an. Sami, di antaranya. Pemuda berkulit legam ini mengaku diajari surfing oleh warga Australia. Dia juga diberi papan hingga baju selancar oleh bule itu. Tak heran jika saat ini Sami sudah andal menunggang ombak. Sementara aku, cukup memperhatikan aksi Sami dan kawan-kawannya dari pasir putih di pantai.

Pantai Lakey menjadi primadona peselancar karena memiliki ombak yang pecah di tengah sehingga bisa dinaiki oleh dua peselancar sekaligus. Pecah di tengah artinya ombak di sebelah kiri dan kanan menggulung sebelum akhirnya bertabrakan. Selain Lakey, masih ada tujuh pantai lain yang biasa dipakai untuk berselancar. Oh iya, pantai ini berada sekitar 43 kilometer arah selatan Kota Dompu.

Kendati memiliki alam yang tergolong perawan, di Pantai Lakey terdapat berbagai tipe penginapan. Mulai dari kelas home stay yang bertarif kurang dari Rp 100 ribu per malam, hingga hotel berbintang. Pengelola penginapan biasanya sering mengadakan acara khusus untuk memanjakan pengunjung. Seperti yang aku lakukan saat itu. Menikmati ayam bakar usai menjelajahi pantai eksotis di Dompu.

Komentar
  1. muhammad farid mengatakan:

    mau tanya gerakkan lumba-lumba keatas itu termasuk adaptasi yang fisiologi, anatomis, atau tingkah laku. thanks

  2. win_jlek mengatakan:

    kapan jalan jalur dompu-lakey di perbaiki ?!?…

  3. ceureen mengatakan:

    DOMPU,,,,,,,,,,,,,,,,!!????????? Pasti banyak yang mengatakan bahwa Dompu adalah suatu desa terpencil di kepulauan Sumbawa dimana disana penduduknya masih primitif, tidak ada listrik dan kurangnya makanan. Beberapa Km dari Dompu ada beberapa pantai yang sangat indah antara lain Lakey, Ria, Velo janga dll. yang di kagumi wisatawan asing adalah pantai lakey. lakey memamg pantai yang sangat indah dan menurut sumber yang saya dengar pentai ini merupakan pantai yang gelombangnya no 2 di dunia setelah hawai. pantai ini selain memiliki
    dari yang saya amati, pantai ini semakin hari semakin tidak terurus, padahal jika kita lihat dari segi pemasukan daerah, saya yakin 100% pantai lakey tidak kalah bagusnya dibanding Kuta Bali.
    Bukannya saya ingin menjelek-jelekkan pantai lakey, tapi saya sebagai anak Dompu ingin menangis rasanya melihat keadaan lakey saat ini.
    Melalui ini juga saya inigin mengharapkan pada pemerintah daerah, tolong kembangkan potensi lakey,,,,,,,,,,,,,,,,,,!

  4. Asma mengatakan:

    Dolphin??
    Adu snengny klw bs d plihara.
    It’s funny!

  5. dzulikifli mengatakan:

    dompu memiliki keindahan yang hampir mirip surga dan disana terdapat panorama yang sangat indah: lakaei nomor satu di dompu, satonda adalah lokasi belum betul dikenal masyarakat manca negara, hodo memiliki mata air terbesar dimana bila melihat anda tercengang, kesi memiliki pantai yang indah dan padang savana yang masih asri untuk calabai. jadi perjalanan seharian di dompu saya rasa belum cukup untuk mengujungi dompu ini terima kasih

  6. Kmas Ardani Amalsyah mengatakan:

    Festival LaKey

    Akan di adakan festival terbesar di pulau sumbawa pada tanggal 3-5 Desember 2010 tepatnya di pantai lakey, jangan lupa hadiri dan kunjungi karena akan ada even – even bersekala international disana..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s